Powered By Blogger

Sabtu, 16 Oktober 2010

bisnis pemancingan

bisnis pemancingan termasuk salah satu jenis usaha yang cukup layak di perhitungkan karena bila menilik dari segi pemasukkan yang diperoleh bisa berasal dari beberapa hal, tapi yang saya bicarakan disini adalah kolam pancing gebrus (kilo gebrus) diantaranya:
1. penjualan ikannya (pasti)
2. sisa ikan setelah dipancing
3. penjualan ikan pasca pancing (garung)
4. kantin
5. parkir

ya.. setidaknya itu lahan yang bisa di jadikan sumber pendapatan, belum lagi kalau dibuat sistem sewa kolam.
kalau boleh di hitung seperti ini :
1. penjualan ikan sekarang ini memang tidak bisa mengambil banyak karena tingkat persaingan yang lumayan ketat sehingga paling-paling keuntungan dapat diambil sebesart Rp.1000,- perkilo
2. sisa ikan pancing sebenernya lebih baik jangan dijadikan sumber utama, karena namanya ngambil sisa, lagipula kalau dijadikan sumber bisa-bisa tar dipaksakan supaya ikannya ndak ketarik dong... gawat malah jadinya kolam ndak laku.
3. penjualan garung atau tepatnya pembelian kembali ikan hasil pancingan para pemancing, kemudian dijual lagi ke pihak lain biasanya pedagang di pasar. besarnya harga pembelian tentunya harus disesuikan dengan harga di pasar dan pesaing lain, jangan sampai kita membeli dengan harga terlalu murah itu sangat mempengaruhi kepercayaan konsumen.
4. kantin.... ini sih penting karena namanya pemancing suka lupa waktu dan lupa segalanya bahkan, tapi pastinya tidak akan lupa ngisi perut terutama air kopi dan rokok. tapi kantin di pemancingan harus siap dengan teknik deliveri ke kolam-kolam.
5. parkir, ini juga optional tapi lumayan kalau jumlah kendaraan banyak.

jadi... ok kan bisnis pemancingan tuh...???

seperti apa kolam yang Ok lihat di posting berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar