Powered By Blogger

Rabu, 20 Oktober 2010

aliran air kolam pemancingan

faktor utama untuk kolam pemancingan tentunya adalah air. Sebagai tempat hidup ikan tentunya ada bebera faktor ayng harus diperhatikan supaya ikan dapat hidup dengan baik.
sebenernya bukan masalah ikan bisa hidup yang menjadi persoalan kolam pemancingan karena ikan bisa hidup dalam air apa saja kecuali yang sangat buruk kualitasnya, artinya yang tidak lagi mengandung oksigen didalamnya, bahasa kerennya Dissolve oxigennya nol. jadi selama ada oksigennya ikan sih bisa hidup, namun bila tidak sehat ikan jadinya "SUSAH NAIK" bahkan bisa-bisa tanpa sambaran.... repot kalo gini
"ingat.... orang mancing itu untuk merasakan sambaran dan tarikan"
kalo ikan tidak berselera atau bersemangat makan ya.... dijamin pemancingan itu segera diTUTUP.
jadi jelas dong air harus sangat diperhatikan.....
jenis air yang baik tentunya yang memiliki tingkat oksigen terlarut yang tinggi, juga tidak mengandung senyawa-senyawa kimia yang beracun atau tidak menyebabkan ikan tepar, ya sederhanyanya tidak ada pada aliran limbah.
selain itu tentunya air harus mengalir secara natural, tidak sekedar diputar menggunakan blower, walaupun itu bisa dipakai tapi tentunya tidak sebaik air mengalir, dan kalau buat kami penggunaan blower berarti penambahan biaya operasional.
Hindarkan juga air yang jernih, karena air jernih akan hanya mengandung sedikit sekali makanan buat ikan dan akan jadi lucu dong... kalau airnya jernih tar ikannya kelihatan....tak seru lagi mancingnya...tul?
Alirkan air dari kolamke kolam smapai kemudian buang ke selokan atau saluran lain, ya pastinya dong...hehe...
kecepatan aliran ada sedikit pengaruh terhadap ke garangan ikan, biasanya kalau aliran terlalu lambat bisa menyebabkan ikan kurang semangat, ya kembali ke masalah oksigen. tapi sebisa mungkin hindarkan air masuk ke kolam dari satu lubang, karena bisa-bisa ikan pada ngumpul disana, tentunya lubang masuk air memiliki tingkat oksigen tinggi karena airnya bergerak cepat.
kesimpulan:
jaga aliran air tetap mengalir, dan hindarkan zat-zat berbahaya, kalau mengandung ion-ion sih tak masalah.

2 komentar: